PROFIL MADRASAH
A.
Visi
Terwujudnya
Manusia Seutuhnya yang berakhkaq Mulia, Imam, Taqwa Cerdas dan Trampil.
Indikator :
a.Tekun beribadah dan menjadi contoh Masyarakat.
b.Mampu bersaing dengan lembaga Pendidikann yang lain dalam
bidang akademis maupun non akademis.
c.Menghasilkan lulusan yang cerdas dalam membaca, menulis Al-quran, serta lancar
dalam berbahasa Indonesia.
B.
Misi :
-
Madrasah
sebagai lembaga menuntut ilmu Agama dan Umum seutuhnya.
-
Meningkatkan
kesadaran peserta didik sebagai makhluk sosial
yang sopan, santun terhadap semua orang.
-
Menumbuhkan
peserta didik yang siap menerima informasi Teknologi yang siap menerima informasi
Teknologi yang belum tentu bermanfaat.
C.
Indikator :
a. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pengetahuan umum
dan Agama yang komprohensif dan direalisasikan
dalam kehidupan sehari-hari.
b. Melaksanakan pembelajaran yang berbasis etika tatakrama
yang tinggi
c. Melakasnakan pembelajaran yang berbasis teknologi serta
menjelaskan wawasan dampak positif dan negatifnya.
D.
Setrategi :
1. Peserta didik diwajibkan mengikuti sholat duha secara
berjama;ah
2. Adanya kartu hafalan Juz Amma bagi peserta didik
3. Menggunakan etika dan tatakrama yang tinggi dalam proses
pembelajaran
4. Menjelaskan dampak positif dan negatifnya IPTEK
5. Meningkatkan profesionalisme guru melalui KKG dan
pelatihan
6. Penambahan alokasi waktu dalam pembelajaran ( les)
7. Menggunakan standarisasi manajemen yang meliputi standar
aturan, standar organisasi sekolah dan standar sumber daya manusia (SDM)
sehingga menjamin kemanyamanan produktifitas.
E.
Penataan
Kelembagaan
Penyempurnaan sistem kerja untuk meningkatkan kualitas
pelayanan maka disusun struktur organisasi secara operasional yang meliputi :
1. Kepala
Madrasah
2. Wakil
Kepala Madrasah
3. Kepala
Urusan Bidang Kurikulum
4. Kepala
Urusan Bidang Kesiswaan
5. Kepala
Urusan Bidang Sarana dan Prasarana
6. Kepala
Urusan Bidang HUMAS
7. Guru
Pembina Perpustakaan
8. Guru
Pembina Ekstra Kurikuler
9. Wali
Kelas
10. Staf
I.
Pembagian Tugas Mengajar sesuai dengan bidang
profesinya masing-masing.
I.
Pembagian Tata Usaha dan Pembantu Stafnya.
II.
Peningkatan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar
III.
Unggul dalam prestasi
IV.
Tertib di sekolah
V.
Tertib dalam Administrasi Guru
VI.
Efektifitas dalam
pelaksanaan tugas
VII.
Mandala dan Kegiatan ekstra Kurikuler.
VIII.
PeningkatanKualitas Profesi Tenaga
Kependidikan (Pelatihan)
IX.
Pemberdayaan dan peningkatan mutu pendidikan
melalui KKG dan PAKEM
X.
Penerapan hasil KKG dan PAKEM secara tepat guna dan hasil
guna Peningkatan profesi guru melalui pendidikan
forma, pelatihan dan penataran-penataran.
F.
Sasaran
Dalam
kurun waktu lima tahun yang akan datang MI Nurul Huda Cakul
menargetkan :
1.
Unggul dalam Prestasi
a.
Prestasi kerja pegawai baik struktur maupun
fungsional.
1.
Kehadiran guru 100%
2.
Kegiatan tugas efektif, efesien dan professional
3. Pelaporan tepat waktu administrasi
lengkap
4. pencapaian target kurikulum 100%
b.
Prestasi Siswa
1.
Kehadiran siswa 100%
2.
Mencegah siswa yang drop out
3.
Administrasi kelas lengkap daya serap tiap
mata pelajaran. ( 80% )
4.
Diterima di Sekolah – sekolah unggulan
5.
Mendapat
prestasi kejuaraan dalam berbagai kegiatan.
6. Lulusan
yang berkualitas.
c.
Prestasi sekolah
1. Daya
serap lulusan yang melanjutkan ke
jenjang yang lebih tinggi
2. Peringkat
perolehan Lomba Volly tingkat
Propinsi dan pildacil ditingkat Kabupaten.
3. Kepercayaan
masyarakat terhadap MI Nurul Huda Cakul semakin meningkat dengan indikasi
jumlah pendaftar siswa baru tiap tahun bertambah
4. Lulusan / alumni MI Nurul Huda Cakul memiliki
Akhlakul Karimah, diakui dan diterima baik di Masyarakat.
5. Terwujudnya
sebagai sekolah unggulan yang memiliki ciri-ciri sekolah efektif sebagai
berikut :
a.
Terciptanya sekolah yang kondusif, bersih,
tertib dan aman
b.
Memiliki visi misi serta target/ sasaran yang
jelas
c. Melaksanakan
evaluasi belajar untuk penyempurnaan proses belajar mengajar.
d.
Mendapatkan dukungan orang tua, masyarakat,
dunia usaha dan instansi pemerintah.
e. Berkembangnya
minat baca dilingkungan sekolah :
-
Optimalisasi sekolah
-
Lengkapnya buku-buku perpustakaan
-
Terciptanya alat-alat Bantu Belajar sederhana
dalam proses kegiatan belajar mengajar
-
Terbentuknya
kelompok-kelompok minat baca.
G.
Data Madrasah
1.
Nama Madrasah : MI
Nurul Huda Cakul
2.
Alamat :
Rt 06 Rw 03 Dusun Karangsudo Des. Cakul Kec. Dongko Kab. Trenggalek 66363
3.
Yayasan Penyelenggara : Lembaga
Pendidikan Ma’arif NU
4.
Status
Akreditasi : B
5.
NSS/NSM : 111235030097
6.
Jenjang Akreditasi : 5 Tahun
7.
Tahun Pendirian : 1978
8.
Tahun Beroperasi : 1979
9.
Nomor SK Pendirian : B-02230020
10.
Status tanah : Tanah Wakaf
a.
Surat Kepemilikan tanah : -
b.
Luas Tanah :
2.300
M2
11.
Jumlah
siswa dalam 3 ( Tiga ) tahun terakhir
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
KETERANGAN
|
||
2009/2010
|
2010/2011
|
2011/2012
|
||
I
|
14
|
14
|
18
|
|
II
|
18
|
18
|
13
|
|
III
|
28
|
27
|
18
|
|
IV
|
25
|
25
|
27
|
|
V
|
22
|
22
|
26
|
|
VI
|
18
|
18
|
22
|
|
JUMLAH
|
125
|
124
|
124
|
12.
Data
Ruang Kelas
a.
Kelas I : 1 ruang :
Kondisi rusak berat
b.
Kelas II : 1 ruang : Kondisi rusak berat
c.
Kelas III : 1 ruang : Kondisi rusak berat
d. Kelas IV :
1 ruang : Kondisi
rusak berat
e. Kelas V :
1 ruang : Kondisi
Baik
f. Kelas VI : 1 ruang :
Kondisi Baik
13.
Jumlah Rombongan Belajar
a. Kelas I : 1
ruang
b. Kelas II : 1
ruang
c. Kelas III :
1 ruang
d.
Kelas IV : 1 ruang
e.
Kelas V : 1 ruang
f. Kelas VI : 1 ruang
14. Data Guru
a.
Jumlah Guru Keseluruhan : 12 Orang
b.
Guru Tetap yayasan :
10 Orang
c.
Guru Tidak Tetap : -
d.
Guru PNS Dipekerjakan : 2
e.
Staf TU :
15.
Sumber
Dana :
Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
16.
Susunan
Pengurus : Terlampir
17.
Nomor
Rekening Bank : BRI Unit Trenggalek
0177-01-019585-50-3
Trenggalek,
23 Februari 2012
Kertua Komite
IMAM GHOZALI
|
Kepala Madrasah
ABDULOH, A.Ma
|
|
Mengetahui
Ketua Yayasan
ABDUL LATIF
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar